Pantai Romodong Pantai Indah Kurang Dijamah

Pantai Romodong Pantai Indah Kurang Dijamah – Bangka Belitung, Provinsi baru yang penuh dengan wisata pantai indahnya. Baru-baru ini pemerintah Bangka Belitung baru saja mempromosikan wisata pantainya melalui Sail Wakatobi di Bangka Belitung. Nampaknya usaha ini memberikan hasil dengan banyaknya wisatawan lokal dan mancanegara yang menghadiri acara Sail Wakatobi ini. Sail wakatobi diadakan di Belitung, pulau yang terkenal dengan sebutan “Laskar pelangi.”

Pantai Romodong Pantai Indah Kurang Dijamah

Pantai Romodong Pantai Indah Kurang Dijamah
Pantai Romodong Pantai Indah Kurang Dijamah (sumber Deskgram)

Namun Bangka sebenarnya tidak kalah keindahan pantainya, di setiap daerah pasti memilikki satu pantai dengan pesona yang tidak kalah menakjubkan. Seperti pantai Pasir Padi di Pangkalpinang, pantai Matras, Parai Tenggiri, Tanjung Pesona di Sungailiat, pantai Tanjung Kalian di Muntok. Namun diantara banyak pantai yang sangat indah masih ada yang luput dari pandangan pemerintah, salah satunya Pantai Romodong.

Pantai Romodong ini terletak di Belinyu, Bangka Utara. Pantai ini cukup sulit ditempuh, jika dari ibukota harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam sekitar 110 KM. Jika dari Sungailiat harus menempuh perjalanan sepanjang 77 KM. Jalan menuju Pantai Romodong ini pun bukanlah jalan wisata yang bagus, dikarenakan jalannya penuh dengan “cobaan”. Penuh dengan lobang-lobang besar, jalan yang bercampur dengan tanah kuning. Jika pergi di musim hujan, dijamin akan bertemu dengan genangan air di tengah jalan.

Namun itu hanyalah cobaan kecil untuk menemui keindahan pantai alami. Pantai Romodong ini masih sangat alami, masih jauh dari jamahan tangan para penambang dan masih luput dari perhatian pemerintah. Dulu, pemilik pantai sebelum ini sempat mendirikan villa untuk disewa terhadap wisatawan. Namun dikarenakan kurangnya promosi dan respon masyarakat akhirnya Villa ini rusak begitu saja dan akhirnya diserahkan kepada pemerintah untuk dikelola.

Keindahan Perjalanan Menuju Pantai Romodong

Pantai Romodong ini terletak di ujung perkampungan Romodong, rata-rata penduduk perkampungan ini adalah nelayan dan petani. Di sepanjang jalan dapat kita lihat penuh hutan-hutan rimba dan perkebunan penduduk. Sesekali akan bertemu danau yang bening. Namun tak jarang juga kita akan melihat Tambang Inkonvensional yang mulai menjamur dan merusak keasrian kampung ini, TI ini juga salah satu penyebab rusaknya jalan wisata Pantai Romodong.

Kurang lebih setengah jam perjalanan dari kota Belinyu menuju pantai Romodong akhirnya kita mulai melihat banyak batu-batu besar di kiri kanan yang menandakan sebentar lagi kita akan tiba di pantai Romodong. Setelah itu puncaknya kita akan melihat pintu gerbang Pantai Romodong yang sangat unik, terdiri dari 2 batu besar yang saling berhadapan menjadi pintu gerbang Pantai Romodong. batu ini adalah batu alami bukan buatan manusia dan telah berdiri beratus-ratus tahun.

Selanjutnya setelah melewati gerbang ini, kita akan menemui pantai yang penuh dengan ilalang. Benar-benar alami. Pantai ini terkenal dengan batu-batunya, lebih banyak batu dari pantai yang lainnya.

Pantai ini luas, jika surut, akan terlihat luasnya pantai ini dan kita bisa berjalan-jalan lebih jauh. Pantai Romodong ini dikelilingi banyak pulau, sesekali kita bisa berjalan-jalan ketika banyak kapal kita bisa pergi ke salah satu pulau tersebut dengan membayar nelayan yang bersedia mengantar kita ke pulau tersebut. Jika surut, kita bisa berjalan menuju pulau terdekat.

Keasrian Pantai Romodong Pantai Indah Kurang Dijamah

Di Pantai Romodong masih banyak nelayan yang mencari ikan dan banyak kapal nelayan yang diparkirkan di pinggiran pantai. Airnya yang jernih dan pasirnya yang putih sepertinya menarik kita untuk menceburkan diri di Pantai ini. Sangat menyenangkan jika piknik keluarga di sini, masih banyak pohon yang melindungi pantai ini sehingga kita tidak merasa panas di siang hari dan tak perlu mendirikan tenda kecuali ketika hujan. Yang menyenangkan di Pantai Romodong ini kita bisa melihat Sunset, sangat indah melihat mata hari terbenam, apalagi bersama orang yang kita sayangi.

Pantai Romodong ini masih sangat asri, belum banyak wisatawan yang datang ke sini. Jika ingin menemukan pantai yang tenang, asri dan masih bersih kunjungilah Pantai Romodong. Masuk pantai ini gratis tis, tanpa dipungut biaya sepeser pun, dan kita akan menikmati keindahan alam yang membuat kita akan mengucapkan syukur serta teringat akan kebesaran Sang pencipta. Dijamin otak yang sedang mumet, hati yang gundah gulana akan tenang dengan mengunjungi Pantai Romodong. Wisata Pantai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *