Wisata Pantai Sambilangan Madura

Wisata Pantai Sambilangan Madura – Pantai Sambilangan merupakan tempat wisata pantai yang indah, terletak sekitar 7 km di sebelah selatan dari kota Bangkalan, di desa Sambilangan , kecamatan Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Wisata Pantai Sambilangan Madura
Wisata Pantai Sambilangan Madura ( gambar diambil dari tempat.me)

Mercusuar Wisata Pantai Sambilangan Madura

Di pantai ini terdapat sebuah mercusuar yang dibuat pada tahun 1879, dibuka oleh zw Willem III. Mercusuar, memiliki ketinggian 90 meter sehingga para wisatawan dapat meningkatkan dan menikmati lalu lintas perahu nelayan dan kapal dagang di selat Madura.

Sepintas, Mercusuar kuno dengan ketinggian 90 m lebih peninggalan pemerintah Hindia Belanda pada abad ke-18 itu tak memiliki kelebihan apa pun, kecuali sebatas sarana pelayaran di perairan Selat Madura.

Namun, jika mau mencermati detil ekosistem alam yang mengitarinya, lalu mengkorelasikannya dengan sektor kepariwisataan. Maka disadari atau tidak, situs mercusuar kuno itu, ternyata punya daya pikat cukup artistik, potensial dan prospektif untuk dikembangkan

Secara fisik mercusuar ini hanya berupa bangunan tua berbentuk lonjong bak kerucut. Namun, bangunannya yang tinggi dan satu-satunya di situ sehingga menonjol. Maka setiap hari besar atau hari Minggu dan hari-hari libur kawasan pantai sekitar mercusuar ini selalu ramai pengunjung yang rekreasi.

Keeksotisan Pantai Sambilangan

Pengunjung selalu antri dari pagi hingga sore untuk dapat naik ke puncak menara guna menikmati keindahan Selat Madura dengan ekosistemnya. Bahkan, menjelang matahari terbenam banyak pengunjung yang naik ke puncak mercusuar untuk menikmati indahnya matahari terbenam (sunset).

Berkat cahaya matahari senja itu, seantero perairan Selat Madura dengan riak ombaknya yang sedang seakan disepuh menjadi merah saga, berpadu dengan bias warna kuning keemasan. Keelokan panorama laut kian kental berkat perairan di sekitar Gresik dan Surabaya juga memancarkan kelap-kelipnya ribuan lampu kapal niaga yang menyala menyambut senja dan malam.

Mercusuar yang terdapat pada pantai ini menujadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Keindahan alam yang masih asri pun mampu mebuat jatuh cinta mata yang memandangnya.

Keeksotisan tempat ini membuat mata yang memandangnya terpanah. Bahkan langit senja saat matahari terbenam atau yang sering disebut dengn sunset moment mampu membuat mata yang memandang nya terkagum – kagum. Begitu indah ciptaan Sang Pencipta yang Maha Kuasa. Tidak akan ada yang mampu menandingin indahnya Wisata Pantai ciptaan Sang Pencipta alam semesta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *